Sebagian besar dari mahasiswa yang berkuliah di Korea memiliki kewajiban untuk melakukan riset di lab yang tak jarang menyita waktu bahkan di akhir pekan sekalipun. Oleh sebab itu, dalam tulisan kali ini saya ingin membagikan cara mudah berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online dari Emart. Kelebihan berbelanja online langsung dari supermarket ini adalah kita dapat memilih hari serta jam yang diinginkan bahkan untuk akhir pekan. Sangat praktis dan bermanfaat terutama jika kita perlu berbelanja barang yang cukup berat semacam beras, telur, detergen, sabun dan lain-lain.

Mengapa Emart? Dibandingkan dengan pesaing online grocery lain, Emart memiliki harga yang lebih bersahabat dan juga own-brandnya “No Brand” dan “Peacock”. Bahkan untuk No Brand telah memiliki beberapa cabang toko offline khusus yang hanya menjual produk “No Brand” saja. Produk No Brand difokuskan pada processed food dan household items. Sedangkan Peacock yang tadinya hanya bertumpu di pasar frozen food mulai merambah ke makanan instan seperti cup rice, ramyeon dan lain-lain juga bermacam minuman, teh, dan kopi.Terdapat 3 tahapan dalam petunjuk ini yaitu registrasi, tips belanja, dan pembayaran. Berikut adalah cara mendaftar online web emart http://emart.ssg.com/. Cara mendaftar yang saya bagikan adalah untuk membership terpadu SSG point sehingga dapat digunakan juga di outlet lain yang tergabung dalam shinsaegae. Pastikan juga nomor selular yang digunakan resmi sehingga dapat digunakan untuk verifikasi identitas.

Registrasi

Untuk kenyamanan, registrasi member ini dilakukan melalui web versi PC yang dilanjutkan dengan proses belanja melalui aplikasi selular. Silakan klik sesuai dengan tanda kotak merah.

Anda akan masuk ke laman verifikasi nomor telepon seperti berikut.

Masukkan kode verifikasi dari sms ke kolom di bawah ini

Pastikan pengisian kolom benar(muncul tulisan warna biru).

Proses register selesai, silakan login untuk berbelanja.

Tips Belanja

Pilih e쓱배송 untuk kategori pengiriman langsung sesuai jam yang diinginkan, bisa dilihat juga dari logo biru dengan gambar truk kuning di tiap produk. Apabila yang tertera adalah logo kardus, maka belanjaan kita akan dikirim menggunakan pos biasa yang jamnya tidak dapat kita atur dan ongkos kirim dibebankan terpisah. Urutan hasil pencarian juga bisa kita atur dengan memilih kategori sesuai di gambar sebelah kanan. Harga tiap 100g atau per satuan lain juga seringkali dicantumkan, jadi kita tidak perlu repot-repot menghitung mana produk yang lebih murah. Seringkali untuk produk ikan yang tercantum adalah harga satuan tetapi terdapat dua atau lebih ikan dalam satu bungkus, sehingga perlu diteliti kembali harga saat sebelum membayar.

Pilih 장바구니 untuk shopping cart dan 바로구매 untuk langsung menuju ke laman pembayaran. Setiap produk yang dijual juga selalu disertai dengan informasi selengkap-lengkapnya seperti komposisi pada gambar snack ace di kanan. Dari contoh gambar, dapat diketahui snack ini mengandung gandum, daging sapi, dan susu(kotak berarsir warna putih).

Pembayaran

Selesai berbelanja, kembali ke home lalu pilih tab shopping cart.

Ongkos pengiriman emart ini gratis jika total belanja kita lebih dari 40 ribu won. Kurang dari itu, akan dikenakan ongkos sebesar 3000 won.

Pilih(check) semua barang yang akan dibeli lalu klik 주문하기.

Pilih hari dan jam pengiriman lalu isi kolom yang diperlukan dan klik 주문하기.

Jenis pembayaran yang paling mudah adalah menggunakan kartu(신용카드) atau direct transfer(실시간계좌이체). Kedua cara pembayaran ini sama-sama memerlukan bantuan aplikasi lain untuk eksekusinya. Saya sendiri menggunakan kartu untuk membayar dengan bantuan aplikasi ISP yang sudah sering saya gunakan untuk platform pembayaran dengan kartu di aplikasi lain seperti Gmarket.

Apabila kita klik bagian konfirmasi pembayaran maka kita bisa mengecek apakah order kita sudah berhasil atau belum. Kita juga dapat menambahkan barang yang lupa dibeli sebelumnya dengan memilih menu di gambar sebelum tanggal dan jam yang tertera berikut.

Sekian petunjuk grocery shopping online  dari saya. Platform lain sejenis kurang lebih memiliki prosedur yang mirip sehingga dapat dicoba sekaligus melatih kemampuan bahasa korea. Selamat berbelanja!

Fatia
Electrical Information Engineering, Seoultech, 2018

Leave a Reply