Assalamu’alaikum Wr. Wb.

안녕하세요…

Kali ini saya mau berbagi kegalauan informasi soal tes TOEIC di Korea. Lah ngapain tes TOEIC di Korea? Emang buat apa? Yang nanya soal ini berarti bukan mahasiswa PNU wkwkwk. Jadi, di kampus PNU itu *mungkin di kampus lain juga demikian*, setiap mahasiswa wajib memiliki nilai TOEIC sebagai requirement untuk kelulusan. Nilai yang harus dimiliki itu harus lebih dari 800 dari total 990 *klo ga salah*. So, ini menjadi kegalauan tersendiri bagi mahasiswa PNU yang akan menyelesaikan studinya. Ada lo yang terhambat wisuda karena belum lolos TOEIC ini. Mungkin teman-teman mahasiswa ITS dan kampus lainnya di Indonesia juga merasakan hal serupa. Ga bisa wisuda klo ga punya TOEFL >477 *mungkin udah naik*

Kegalauan TOEIC ditambah dengan proses pendaftarannya yang harus melalui website (online) berbahasa Korea. Udah kebayang pusingnya gimana? wkwkwkwk. Nah, biar membantu teman-teman yang hendak mengambil tes TOEIC, kali ini saya mencoba membuat sebuah tutorial melakukan Sign Up di website YBM TOEIC Korea kemudian melakukan pendaftaran tes TOEIC nya. Gimana caranya? Yuk cau…

Step 1: Link Website

Pertama, harus tau dong website yang dipake untuk mendaftar. Ini dia linknya:

LINK WEB YBM TOEIC KOREA

Step 2: Cara Melakukan Pendaftaran (Sign Up)

Tampilan pertama ketika membuka link tersebut adalah seperti yang ditampilkan di gambar berikut:

TOEIC-1_marked
Gambar 1. Tampilan awal ketika membuka link di step pertama

Untuk melakukan pendaftaran, simply klik tombol biru yang saya kasi kotak merah.

회원접수 = Member Registration

Tampilan selanjutnya, kita akan diarahkan menuju halaman login. Tapi, karena kita belum punya akun, kita akan Sign Up terlebih dahulu. Pilih tombol yang diberi kotak merah untuk melakukan pendaftaran.

회원가입 = Sign Up

TOEIC-2_marked
Gambar 2. Halaman Login dan Sign Up

Kemudian, akan muncul halaman berikut. Halaman ini adalah privacy policy, seperti registrasi pada umumnya. Kita hanya perlu menyetujui syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak YBM dalam mengelola data kita. Karena saya pun malas membaca hangeul, jadi Agree aja deh wkwkwk.

TOEIC-3_marked
Gambar 3. Privacy Policy YBM

Pastikan semua dalam kotak merah dicentang untuk melanjutkan ke step selanjutnya. Setelah itu pilih tombol yang ditandai dengan kotak merah.

동의 = Agree

Saatnya mengisi data diri untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Isikan data Anda pada form pendaftaran dengan mengikuti petunjuk di gambar berikut.

TOEIC-4_marked
Gambar 4. Form Pendaftaran Member Baru

Pastikan semua terisi dan sesuai langkah yang tertera pada gambar di atas. Setelah itu tekan tombol biru yang paling bawah.

다음단계 = Next Stage

Dan proses pendaftaran telah selesai. Waktunya kita mendaftar untuk tes TOEIC nya. Panjang ya? Ya namanya juga perjuangan buat lulus :’ *apasih*

Step 3: Cara Mendaftar Tes TOEIC

Masih dengan menggunakan link yang sama, tentunya setelah melakukan login, perhatikan informasi yang tertera pada halaman tersebut dengan mengikuti langkah di gambar berikut.

TOEIC-5_marked
Gambar 5. Halaman untuk melihat jadwal tes yang tersedia

Di halaman ini, kita bisa melihat jadwal tes TOEIC yang tersedia untuk 1-2 bulan kedepan.

Langkah pertama: Pilih jadwal tes yang menurut kita sesuai. Perhatikan tanggal, hari dan jam nya. Pastikan sesuai dengan jadwal kita dan tidak bentrol dengan agenda lainnya. Setelah itu, pilih jadwal yang diinginkan.

Langkah kedua: Akan muncul daftar kota untuk lokasi tes yang tersedia di jadwal tersebut. Pilih kota terdekat dengan posisi Anda.

Langkah ketiga: Akan muncul daftar distrik dalam kota yang dipilih. Pilih lokasi tes yang menurut Anda paling mudah untuk dijangkau. Lokasi tes biasanya di SMP atau SMA di Korea. Kalau bingung, bisa mencet tombol “peta” *liat gambar* untuk memastikan lokasi tes nya.

Setelah itu, ikuti pilihan yang ditampilkan di gambar 5 sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Trus, pencet tombol biru nya yg paling bawah.

Di halaman berikutnya, akan muncul halaman konfirmasi mengenai data jadwal yang sudah dipilih. Pastikan jadwal yang terpilih sesuai kemudian centang seluruh syarat dan ketentuan di kolom kedua, seperti pada gambar berikut.

TOEIC-6_marked
Gambar 6. Halaman konfirmasi jadwal

Di bagian bawah, akan muncul data personal peserta yang akan mengikuti tes. Silahkan mengupload foto sesuai dengan instruksi yang diberikan. Akan ada ketentuan foto yang harus digunakan. Diantaranya adalah wajib menggunakan foto close up. Setelah itu, isikan data sesuai dengan instruksi di gambar berikut.

TOEIC-7_marked
Gambar 7. Mengisi Data dan Menentukan Metode Pembayaran

Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran yang mana YBM menyediakan beberapa opsi untuk melakukan pembayaran. Pilih salah satu metode yang diinginkan, kemudian pilih Next (tombol biru) dan Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran.

TOEIC-8_marked
Gambar 8. Halaman Konfirmasi Pembayaran

Pilih tombol “Payment” dan akan muncul sebuah pop up dari sebuah aplikasi yang sudah kita instal. Jika belum terinstal, bagian ini akan otomatis memberikan instruksi untuk menginstal plugin yang diperlukan. Jika berhasil terinstal, akan muncul tampilan pop up berikut. Centang “I agree” dan pilih “Next”

TOEIC-9_marked
Gambar 9. Windows Pembayaran dengan Kartu Kredit

Setelah itu kita harus memilih jenis kartu kredit yang kita punya sesuai dengan bank yang mengeluarkan kartu kita. Setelah itu pilih “Next”

TOEIC-10_marked
Gambar 10. Memilih Kartu Kredit

Tampilan berikut adalah berbeda-beda tergantung bank yang kita gunakan. Dalam hal ini, saya menggunakan Hana Bank, sehingga tampilannya adalah seperti berikut yang mana kita akan diarahkan ke aplikasi 1QPay milik Hana Bank untuk melakukan pembayaran. Silahkan dilanjutkan hingga pembayaran selesai.

TOEIC-11_marked
Gambar 11. Window Pembayaran dengan Kartu Kredit dari Hana Bank

Jika berhasil, halaman tadi akan memunculkan Payment Review sesuai dengan pembayaran yang telah kita lakukan. Pastikan semua data benar kemudian pilih “Send Order”.

TOEIC-12_marked
Gambar 12. Halaman Konfirmasi Pembayaran Kartu Kredit

Setelah itu, window aplikasi tadi akan otomatis tertutup dan kita diarahkan ke halaman web YBM dan menampilkan halaman berikut yang menunjukkan bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan. Di halaman ini akan ditampilkan data yang telah kita masukkan dari awal serta informasi waktu dan lokasi tes yang telah kita pilih.

TOEIC-13a_marked
Gambar 13. Halaman Konfirmsi Pembayaran Berhasil

Tekan tombol biru yang terlihat pada gambar berikut yang menandakan bahwa kita telah menyelesaikan proses pendaftaran tes TOEIC ini.

TOEIC-13b_marked
Gambar 14. Halaman Konfirmasi Pembayaran Berhasil

Bagaimana? Apakah berjalan lancar pemirsa? Hehe…

Semoga postingan ini membantu seluruh mahasiswa di Korea yang kebingungan tanpa arah *lay* untuk mendaftar tes TOEIC. Semoga tes nya lancar dan bisa lulus tepat pada waktunya 😀

Wassalam.

Muhammad Idil Haq Amir
Industrial Engineering, Pusan National University, 2018

Leave a Reply